Alessia Cara, Diva Pop Baru dari Kanada

Rabu, 31 Januari 2018 - 11:43 WIB
Alessia Cara, Diva Pop Baru dari Kanada
Alessia Cara, Diva Pop Baru dari Kanada
A A A
DI usianya yang ke-13, Alessia Cara mulai mencipta karya lewat lagu-lagu populer yang di-cover-nya. Video yang diunggah di laman YouTube itu mendapat respons positif dari para netizen.

Tak butuh waktu lama untuk jatuh hati pada gadis berambut hitam dan ikal ini. Pasalnya, selain warga di dunia maya, video unggahannya juga berhasil menarik hati para eksekutif di Def Jam Recordings. Cara lantas meneken kontrak dengan label musik ternama itu.

Pada tahun 2015 dia merilis debut single Here, yang kemudian menjadi multiplatinum di Amerika Serikat (AS). Menyusul berbagai single lainnya seperti Scars to Your Beautiful, Wild Things, dan How Far I'll Go. Lagu yang disebut terakhir ini diangkat dari film animasi Disney Moana. Pada tahun lalu Cara berkolaborasi dengan Zedd untuk single Stay. Ia juga bekerja sama dengan rapper Logic dan penyanyi R & B Khalid untuk single 1-800-273-8255.

Keduanya mendapat platinum di AS. Hingga 2017 Cara terhitung memiliki penggemar lebih dari 480.000 di YouTube. Menurut sebuah sumber, remaja kelahiran 11 Juli 1996 itu memiliki kekayaan sebesar Rp53 miliar.

Dikutip dari Gazettereview, penyanyi bernama lengkap Alessia Caracciolo ini dibesarkan di Brampton dari kedua orang tuanya yang keturunan Italia. Cara kecil sudah bersentuhan dengan dunia seni. Dia aktif dalam kegiatan drama di sekolah, juga piawai memetik gitar sejak usia 10 tahun. Cara terbilang cepat belajar memainkan instrumen musik. Sampai akhirnya ia mengunggah video cover-nya di YouTube.

Ia sempat diundang untuk tampil di beberapa stasiun radio. Single Here yang dirilis lewat Def James Recordings berakhir di nomor lima tangga lagu Billboard Hot 100. Lagu tersebut juga menjadi single terbaik pada 2015 menurut polling yang dilakukan Village Voice.

Tak berhenti di situ, Here juga berada di posisi teratas Mainstream Top 40, Billboard Rhythmic, dan tangga lagu Hot R&B Songs. Lagu inilah yang menjadi kendaraan Cara menuju puncak ketenaran. Here meraih tiga platinum di AS dengan penjualan domestik lebih dari 3 juta. Selang beberapa bulan setelahnya, 26 Agustus 2015 musisi asal Kanada ini merilis album mini "Four Pink Walls".

Diproduksi oleh Pop & Oak, lagu-lagu yang berada di dalamnya merupakan ciptaan Cara sendiri dengan genre pop dan slow R & B. Berisi empat buah lagu berjudul Four Pink Walls, I'm Yours, Outlaws, dan Seventeen. Rupanya album mini atau extended play (EP) tersebut bisa bertengger di nomor 32 di tangga lagu Billboard Top 200 di negara asalnya, Kanada. Adapun di Canadian Albums Chart, EP itu berada di urutan ke-11.

Majalah Rolling Stone menyambut positif album mini Cara itu, dan pada akhir 2015 lebih dari 12.000 kopi telah terjual di AS. Menyusul kesuksesan album "Know-it-All" yang berada di urutan ke-9 tangga lagu Billboard 200 dengan perkiraan penjualan 36.000 pada pekan pertamanya.

Kesuksesan bukan hanya di dapat dari negara adidaya tersebut, negara lain juga mengakui kemampuan musikalitas Cara. Albumnya juga mendapat feedback positif dari penggemar di negara lain. Di antaranya Kanada, Prancis, Selandia Baru, Norwegia, dan Inggris. Tampaknya Cara memang terlahir untuk menjadi seorang penyanyi sejati. Sulit untuk tidak menyukai lagu-lagunya, kesuksesan demi kesuksesan ia dapatkan. Terbukti ketika ia merekam lagu yang diangkat dari film Moana, How Far I'll Go, Cara kembali berada di bawah lampu sorot. Publik mengatakan lagu itu inspiratif namun pada saat bersamaan tetap manis didengar. Single itu mendapat pujian dari para fans di berbagai negara.

Selain mencetak kekayaan lewat berbagai single yang menjadi hits, Cara juga meraup keuntungan fantastis dari tur Know-it-All pada tahun 2016. Dia tampil di 60 konser baik di Kanada maupun AS.

Terlepas dari itu semua, YouTube juga menjadi tambang emas bagi sang penyanyi. Sejak ia membuat akun personal di YouTube pada tahun 2010, Cara telah membuat takjub lebih dari 480.000 orang dan dilihat lebih dari 37,2 juta kali. Terhitung 2017, lagu Wild Things telah di-streaming lebih dari 13,2 juta kali. Nah, berapa yang ia dapat dari akun personal YouTube-nya? Seperti diketahui, YouTube akan membayar beberapa dolar dari video yang dilihat 1.000 kali.

Taruhlah Cara mendapat USD2 (Rp26.000) setiap 1.000 kali ditonton, maka ia mendapat bayaran senilai Rp266 juta. Sumber pendapatannya masih banyak, Cara juga mendapat pemasukan dari Vevo channel di YouTube yang bahkan lebih populer daripada akun personalnya. Pelanggannya sudah melewati 1,9 juta. Secara total, video musiknya sudah ditonton lebih dari 452 juta kali. Jadi, kekayaannya menembus angka Rp53 miliar datang dari penjualan rekaman, tur konser, dan tentu saja YouTube.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5978 seconds (0.1#10.140)